AYO BERINOVASI SESUAI PERKEMBANGAN ZAMAN
Oleh : Dra. OMAH KARMANAH, M.M.Pd.
Guru merupakan ujung tombak di lapangan. Sebagai guru perlu berinovasi untuk menyesuaikannya dengan kurikulum yang berlaku saat ini. Perkembangan kurikulum terus berganti dari masa ke masa. Kadang saya sering mendengar kalimat “ganti menteri ganti kurikulum”. Menurut saya memang benar bahwa kurikulum itu harus menyesuaikan perkembangan zaman. Mengapa demikian ? Karena kalau kita jalan ditempat maka perkembangan pendidikan di Indonesia akan ketinggalan.. Saya mengalami beberapa perubahan sejak saya sekolah di bangku SD sampai saya menjadi guru seperti sekarang ini. Saya akan menuliskan beberapa perubahan kurikulum yang saya alami saja, Diantaranya saya tuliskan pada tabel di bawah ini.
NAMA KURIKULUM
|
PENJELASAN / URAIAN |
Kurikulum 1975
|
Kurikulum ini berorientasi pada tujuan. Pada hal ini pemerintah merumuskan tujuan-tujuan yang harus dikuasai siswa yang lebih dikenal dengan hierarki tujuan pendidikan, yang meliputi: tujuan pendidikan nasional, tujuan institusional, tujuan kurikuler, tujuan instruksional umum, dan tujuan instruksional khusus.Menganut pendekatan integrative dalam arti bahwa setiap pelajaran memiliki arti dan peranan yang menunjang kepada tercapainya tujuan-tujuan yang lebih integratif.Menekankan kepada efisiensi dan efektivitas dalam hal daya dan waktu.Menganut pendekatan sistem instruksional yang dikenal dengan Prosedur Pengembangan Sistem Instruksional (PSSI). Sistem yang senantiasa mengarah kepada tercapainya tujuan yang spesifik, dapat diukur, dan dirumuskan dalam bentuk tingkah laku siswa. Dipengaruhi psikologi tingkah laku dengan menekankan kepada stimulus respon (rangsang-jawab) dan latihan (drill). Pembelajaran lebih banyak menggunakan teori behaviorisme, yakni memandang keberhasilan dalam ditentukan oleh lingkungan dengan stimulus dari luas, dalam hal ini sekolah dan guru. Sumber : https://educhannel.id/blog/artikel/kurikulum-1975.html Intinya kurikulum ini menekankan pada tujuan pendidikan agar lebih efisien dan efektif. Adanya pengaruh konsep di bidang pengelolaan. Metode, materi, dan tujuan pengajaran dirinci dalam Prosedur Pengembangan Sistem Instruksional (PPSI). Dikenal dengan istilah “Satuan Pelajaran”. Pada kurikulum ini dikenal dengan Tujuan Instruksional, Tujuan pembelajaran Umum, dan Tujuan Pembelajaran Khusus Mendapat banyak kritikan karena guru dibuat sibuk menulis rincian apa yang akan dicapai dari setiap kegiatan pembelajaran.Kegiatan focus pada guru. |
Kurikulum 1984 (CBSA)
|
Pada kurikulum ini digunakan pendekatan keterampilan proses (process skill approach). Menurut Acesta, (2014: 98) mengemukakan bahwa “Pendekatan keterampilan proses adalah pendekatan pembelajaran yang menekankan pada proses belajar, aktivitas dan kreativitas peserta didik dalam memperoleh pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap, serta menerapkan dalam kehidupan sehari –hari.” Namun, di sini faktor tujuan tetap penting. Posisi siswa ditempatkan sebagai subjek belajar. Model pembelajaran dari mengamati sesuatu, mengelompokkan, mendiskusikan, hingga melaporkan berorientasi kepada tujuan instruksional .Materi pelajaran dikemas dengan nenggunakan pendekatan spiral yakni Pendekatan yang berorientasi pada keluasan dan kedalaman materi. |
Kurikulum 1994
|
Pada kurikulum ini sekolah mulai menerapkan pembagian tahapan dengan sistem catur wulan. Berorientasi kepada materi pelajaran/isi. Pengulangan-pengulangan materi yang dianggap sulit perlu dilakukan untuk pemantapan pemahaman siswa. Pengajaran dari hal yang mudah ke hal yang sulit. Guru hendaknya memilih dan menggunakan strategi yang melibatkan siswa aktif dalam belajar, baik secara mental fisik, dan sosial. |
Kurikulum 2004 (KBK)
|
Pusat kurikulum, Balitbang Depdiknas (2002:3), mendefinisikan bahwa kurikulum berbasis kompetensi merupakan perangkat rencana dan pengaturan tentang kompetensi dan hasil belajar yang harus dicapai siswa, penilaian, kegiatan belajar mengajar, dan pemberdayaan sumber daya pendidikan dalam pengembangan kurikulum sekolah. Kurikulum ini berorientasi pada: (1) hasil dan dampak yang diharapkan muncul pada diri peserta didik melalui serangkaian pengalaman belajar yang bermakna, dan (2) keberagaman yang dapat diwujudkan sesuai dengan kebutuhannya. Penerapan KBK berorientasi pada pembelajaran tuntas (mastery learning). Kurikulum berbasis kompetensi memuat standar kompetensi dan kompetensi dasar pada setiap mata pelajaran. Standar kompetensi diartikan sebagai kebulatan pengetahuan, keterampilari, sikap, dan tingkat penguasaan yang diharapkan dicapai dalam mempelajari suatu matapelajaran. Cakupan standar kompetensi standar isi (content standard) dan standar penampilan (performance standard). Kompetensi dasar, merupakan jabaran dari standar kompetensi, adalah pengetahuan, keterampilan dan sikap minimal yang harus dikuasai dan dapat diperagakan oleh siswa pada masing-masing standar kompetensi.Hasil dan dampak yang diharapkan muncul pada peserta didik melalui serangkaian pengalaman belajar yang bermakna. Keberagaman yang dapat dimanifestasikan sesuai dengan kebutuhannya. Menekankan pada ketercapaian kompetensi siswa, baik secara individual maupun klasikal. |
Kurikulum 2006 (KTSP)
|
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) atau Kurikulum 2006 adalah sebuah kurikulum operasional pendidikan yang disusun oleh, dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan di Indonesia. KTSP secara yuridis diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Penyusunan KTSP oleh sekolah dimulai tahun ajaran 2007/2008 dengan mengacu pada Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) untuk pendidikan dasar, dan menengah sebagaimana yang diterbitkan melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional masing-masing Nomor 22 Tahun 2006, dan Nomor 23 Tahun 2006, serta Panduan Pengembangan KTSP yang dikeluarkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) (Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas). Guru lebih diberikan kebebasan untuk merencanakan pembelajaran sesuai dengan lingkungan dan kondisi siswa serta kondisi sekolah. KD, SKL, SKKD setiap pelajaran untuk satuan pendidikan telah ditetapkan oleh Departemen Pendidikan Nasional. Pengembangan perangkat pembelajaran, seperti silabus dan sistem penilaian merupakan kewenangan sekolah di bawah koordinasi dan supervisi pemerintah Kabupaten/Kota. |
Kurikulum 2013
|
Kurikulum 2013 (K-13) adalah kurikulum yang berlaku dalam Sistem Pendidikan Indonesia. Kurikulum ini merupakan kurikulum tetap diterapkan oleh pemerintah untuk menggantikan Kurikulum-2006 (yang sering disebut sebagai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) yang telah berlaku selama kurang lebih 6 tahun. Kurikulum 2013 masuk dalam masa percobaannya pada tahun 2013 dengan menjadikan beberapa sekolah menjadi sekolah rintisan. Pada tahun ajaran 2013/2014, tepatnya sekitar pertengahan tahun 2013, Kurikulum 2013 diimplementasikan secara terbatas pada sekolah perintis, yakni pada kelas I dan IV untuk tingkat Sekolah Dasar, kelas VII untuk SMP, dan kelas X untuk jenjang SMA/SMK, sedangkan pada tahun 2014, Kurikulum 2013 sudah diterapkan di Kelas I, II, IV, dan V sedangkan untuk SMP Kelas VII dan VIII dan SMA Kelas X dan XI. Jumlah sekolah yang menjadi sekolah perintis adalah sebanyak 6.326 sekolah tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Kurikulum 2013 memiliki empat aspek penilaian, yaitu aspek pengetahuan, aspek keterampilan, aspek sikap, dan perilaku. Di dalam Kurikulum 2013, terutama di dalam materi pembelajaran terdapat materi yang dirampingkan dan materi yang ditambahkan. Materi yang dirampingkan terlihat ada di materi Bahasa Indonesia, IPS, PPKn, dan sebagainya sedangkan materi yang ditambahkan adalah materi Matematika. Materi pelajaran tersebut (terutama Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) disesuaikan dengan materi pembelajaran standar Internasional (seperti PISA dan TIMSS) sehingga pemerintah berharap dapat menyeimbangkan pendidikan di dalam negeri dengan pendidikan di luar negeri. (Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas) . Intinya pada kurikulum ini mendorong peserta didik mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar, dan mengkomunikasikan. Objek pembelajaran menekankan pada fenomena alam, sosial, seni, dan budaya. Kemampuan lulusan mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan standar nasional yang telah disepakati. |
Kurikulum 2022 (prototype)/
|
DAPODIK.co.id - Struktur Kurikulum Prototype. Kurikulum Prototype 2022) adalah model kurikulum yang dilaksanakan pada Program Sekolah Penggerak mengacu kepada profil pelajar Pancasila dalam rangka penguatan kompetensi dan karakter peserta didik sebagai salah satu komponen penting dalam pelaksanaan pembelajaran. Profil Pelajar Pancasila merupakan perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang kompeten dan memiliki karakter sesuai nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama, yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.Pendekatan pembelajaran fokus pada literasi (Tingkat TK). Pelajaran IPA digabung menjadi IPAS (Tingkat SD). Mata pelajaran informatika bersifat wajib (Tingkat SMP). Siswa menentukan peminatan pada kelas 11 karena perlu berkonsultasi dengan guru BK, wali kelas, dan orang tua (Tingkat SMA). Kurikulum tidaklah terus menerus dirubah, melainkan terus menerus dikembangkan. Perkembangan kurikulum bukan semata-mata hanya karena pergantian sistem pemerintahan. Namun, menyesuaikan dengan perkembangan zaman. |
Saya sengaja membuat uraian perbedaan kurikulum di atas untuk mengingatkan saya sendiri beberapa perbedaan dan progres kurikulum yang saya alami . Tidak dimulai dari kurikulim sebelumnya . Guru sebagai ujung tombak dilapangan harus mau berinovasi untuk kemajuan Pendidikan di Indonesia. Gurulah garda terdepan yang harus menjadikan anak didik menjadi manusia yang modern yang berakhlak mulia. Tahun 2022 sekolah memiliki kurikulum baru yang namanya “Kurikulum Prototype 2022” Banyak program yang dikedepankan oleh kemendikbud sampai beberapa episode. Bahkan sekarang ada program guru penggerak untuk guru-guru yang maksimal sepuluh tahun menjelang masa purna bakti. Alhamdulillah ada lagi kesempatan bagi para guru yang maksimal menjelang sembilan tahun masa purna bakti dengan nama Program Pengajar Praktik. Para calon kepala sekolah dan pengawas tidak lagi harus diseleksi lagi, tinggal mengambil dari para guru penggerak, para generasi pendidik muda yang sudah menerima gemblengan selama 7 bulan pelatihan ,setara 306 Satuan Jam pelatihan. Alhamdulillah di sekolah kami SMPN 3 Cileunyi Disdik Kabupaten Bandung Provinsi jawa Barat ada beberapa guru muda yang lolos menjadi Guru Penggerak. Saya pun mencoba mengikuti Program Pengajar Praktik angkatan ke-7, semoga lolos . Untuk guru-guru muda ayoo ikut “Program Merdeka Belajar” Program Kemendikbud pada “Kurikulum Prototype 2022”. Jadilah guru muda berprestasi yang akan menjadi garda terdepan generasi milineal . Menurut saya ,Wow kereen ya program ini!!!!!
Semoga tulisan ini ada manfaatnya bagi yang memerlukannya!!!
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
PPDB SMP NEGERI 2023
PPDB SMPN 3 Cileunyi 2023 A. JALUR PENDAFTARAN B. PERSYARATAN PENDAFTARAN C. TATACARA PENDAFTARAN 1. Sekolah Asal (SD) berada di Kabu
KUNCI KESUKSESAN RAFA
KUNCI KESUKSESAN RAFA Oleh: Alya Winanda Syawalina Rizki (Juara I Lomba Menulis Cerpen Rayon 5 Kabupaten Bandung) Cuaca pagi ini sangat cerah. Kulihat senyuma
NGANJANG KA BULAN
NGANJANG KA BULAN Ku Sumyati Wanci nyérélék maju ka peuting. Hawa di kamar beuki bayeungyang waé karasana ku Néng Asih m
TERJEBAK TULISAN SENDIRI
(Oleh: Sumyati ) Mobil xenia putih berhenti pas di depan gerbang utama rumah berlantai dua. Rumah berpagar batu alam yang terletak di jalan utama terlihat
PUISI RAMADAN
PRAKTIK ZAKAT oleh Sumyati antrian anak pria wanitasatu persatu mendekati mejadijaga tiga anak beliadepan kelas merekadi tangannya uang recehan enam lembar lima ribuan anak berkemeja
PUISI RAMADAN
BAJU LEBARAN Oleh Sumyati tradisi idul firtiyang tak terpungkiridari cacah hingga priyayiwalau lidah mengingkari, meredam hatidari rayuan mata kanan dan kirishopee, lazada dan toko pe
PUISI RAMADAN
ISYA Oleh Sumyati Rasululloh bersabda:subuh dan isya adalah salat terberat bagi para munafikpadahal telah alloh persiapkan pahalasetara pahala salat sunat sete
KUTIFAN AUTO BIOGRAFI
ANTARA TUGAS NEGARA DAN ANAK H.R. Tirmidzi Dan ketahuilah, sesungguhnya kemenangan itu beriringan dengan kesabaran. Jalan keluar beriringan dengan kesukaran
RAMADAN BERPUISI 3
PESAN AR-RAHMAN Tahukah Kalian: kenapa allah menciptakan mahluknya berpasangan? ada kemarau ada hujan ada panas ada dingin ada susah ada sena
RAMADAN BERPUISI 2
RASA, CINTA DAN DOSA Masih tentang hati dan rasa yang tak mampu berhenti mengeja angan, harapan dan kenyataan duka, lara dan kecewa hingga cemburu mengusut na